Selasa, 20 Maret 2012

Fasilitasi Forum Organisasi Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa



Bertempat di Poncowati Ballroom Hotel Patra Jasa Semarang, telah berlangsung forum komunikasi dengan bertajuk "Fasilitasi Forum Organisasi Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa". Acara yang difasilitasi oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik, Direktorat Ketahanan Seni, Budaya, Agama dan Kemasyarakatan ini dihadiri sebanyak 275 peserta terdiri dari Penghayat Kepercayaan baik perseorangan maupun Organisasi se Pulau Jawa, DPP HPK (Himpunan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa), DPD HPK Propinsi dan DPD HPK Kota/Kabupaten se Pulau Jawa, Kesbanglinmas serta Badan Kependudukan dan Catatan Sipil se Pulau Jawa.

Acara yang dibuka oleh Direktur Ketahanan Seni Agama dan Kemasyarakatan Kemendagri, Budi Prasetyo, SH dilaksanakan dalam waktu 3(tiga) hari yaitu mulai hari Kamis Pon s/d Sabtu Kliwon, 15-17 Maret 2012. Acara ini merupakan bentuk dan upaya Pemerintah untuk melaksanakan sosialisasi UU No. 23 th. 2006 tentang Administrasi Kependudukan dan PP No. 27 Th. 2007 tentang Pengaturan hak sipil para Penghayat Kepercayaan yang terdiri atas Hak Perolahan KTP, Pencatatan Pernikahan, dan Tata Cara Pemakaman, yang ditegaskan kembali dalam Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri Dan Menteri  Kebudayaan Dan Pariwisata No. 41 dan 43 Tahun 2009 Tentang Pedoman Pelayanan Kepada Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa. 

Hadir sebagai Pembicara antara lain : Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa  Drs. Gendro Nurhadi, M.Pd, Direktur Ketahanan Seni Agama dan Kemasyarakatan Kemendagri, Budi Prasetyo, SH. MM, Direktur Pencatatan Sipil, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Drs. H. Soetjahjo, MM, Ketua Umum DPP HPK RG.KP. Esno Kusnodho Suryaningrat (Romo Guru Bapak Tegal), Ketua Presidium BKOK Ir.Engkus Ruswana MM.MBA. Dalam acara ini dihadiri juga beberapa Pejabat dari Kemendagri dan Pemerintahan Daerah Provinsi Jawa Tengah. 

 










1 komentar:

  1. DPD HPK jawa tengah itu berkedudukan dimana, pengurusnya siapa saja, kok tidak jelas, apa sudah bubar ya....

    BalasHapus