Selasa, 06 Februari 2018

Bupati Tegal : Wulan Tumanggal akan saya jadikan sebagai Desa Wisata Spiritual

Bupati Tegal, Enthus Susmono saat memberi sambutan
pada peringatan ulang tahun ke 52 Perguruan Trijaya
Padepokan Wulan Tumanggal yang berada di desa Dukuhtengah kecamatan Bojong, kabupaten Tegal oleh Bupati Tegal Ethus Susmono akan dijadikan sebagai desa wisata spiritual.

Pernyataan itu disampaikannya saat memberi sambutan pada acara Peringatan Ulang Tahun ke 52 Perguruan Trijaya Padepokan Argasonya Pusat Tegal, di Padepokan Wulan Tumanggal, Minggu Kliwon 4 Februari 2018.

"Saya sangat suka, dan saya sangat senang sekali dengan Wulan Tumanggal. Wulan Tumanggal adalah bedor panah Arjuna yang namanya Pasopati. Wulan Tumanggal juga mempunyai arti tanggal 1 (satu) yakni bulan sabit. Biasanya kalo wanita itu dipakai untuk alis. Arti dari garis lengkung bulan sabit Wulan Tumanggal adalah lambang keseksian yang luar biasa. Saya kepengen nanti Wulan Tumanggal ini saya usulkan untuk menjadi desa wisata spiritual", jelas Enthus.

Dengan gaya khasnya yang kocak dan menghibur dalam memberikan sambutan, bupati  yang juga seorang dalang tersohor itu menambahkan bahwa, Perguruan Trijaya merupakan salah satu pilar geo-spiritual di kabupaten Tegal. Oleh karena itu Bupati Tegal akan mangusulkan dalam Perbup bahwa Wulan Tumanggal sebagai desa wisata spiritual, dan menjadi pusat kebudayaan.

"Jika nanti malam akan ada Festival Bumijawa, kenapa tidak tahun depan ada Festival Wulan Tumanggal untuk menjadikan Wulan Tumanggal go internasional", tambah Enthus.

"Pak Camat (Bojong), tolong nanti saya diingatkan kalo tidak bisa di akhir tahun 2018 ini, berarti tahun 2019 kita targetkan di desa Dukuhtengah, Padepokan Wulan Tumanggal kita tetapkan sebagai Desa Wisata Spiritual Budaya", tambahnya.

Di penghujung sambutan, Bupati Tegal memberi penyemangat kebangsaan, "Indonesia adalah negara bhineka tunggal ika tan hana dharma mangrwa, maka tetaplah kita bersatu demi Indonesia. Apapun spiritualnya kita ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar