Rabu, 08 April 2020

Sikapi Pandemi Virus Corona, Pembina Perguruan Trijaya instruksikan Laku Spiritual

Menyikapi pandemi virus corona atau Covid-19 yang melanda di negara kita, dan hampir terjadi diseluruh muka bumi ini, Pembina Perguruan Trijaya Romo Guru KRA Suryaningrat II mengistruksikan kepada Putera Trijaya untuk melaksanakan "Laku Spritual".

Instruksi/Dawuh Romo Guru tersebut disampaikan pada Minggu Pahing (22/3) di tempat kediaman beliau, Padepokan Nusa Indah, Bekasi. Sedangkan bentuk Laku Spiritual yang beliau maksud berupa Laku Neptu 40 dan 39. Laku ini dilaksanakan selama 3 hari di neptu 40 dan 39 yang diisi dengan sujudan, makan singkong dan air putih.

Pelaksana Laku tersebut adalah para Putera yang punya weton (hari lahir) didalam rangkaian neptu 40 maupun 39, Pengurus Pusat, PPM, Pengurus Daerah dan Senior Perguruan Trijaya. Sedangkan seluruh Putera berkewajiban untuk membantu pelaksanaan laku dilingkunganya/daerah tempat pelaksanaan.

Laku tersebut dilakukan secara bersama di salah satu Padepokan (Argasonya, Wulan Tumanggal, Nusa Indah), Sekretariat Daerah, atau di rumah salah satu Putera yang ditunjuk dan disepakati bersama.

Arahan tersebut disampaikan Romo Guru dalam pembinaan Manharabah Rifaat di Padepokan Wulan Tumanggal, pada malam Minggu Wage tanggal 29 Maret 2020, yang juga merupakan malam terakhir Laku Neptu 40 tahap pertama. Laku tahap pertama dilaksanakan pada Jumat Pahing hingga Minggu Wage (27-29 Maret 2020).

Sedangkan Laku tahap ke 2 (dua) juga telah terlaksana pada Sabtu Kliwon hingga Senin Pahing (4-6 April 2020). untuk tahap berikutnya (3) yaitu Selasa Kliwon hingga Kamis Pahing (neptu 40) dan dilanjutkan tahap ke 4 yaitu Jumat Pon hingga Minggu Kliwon yang merupakan Neptu 39. Begitu seterusnya pada rangkaian hari di neptu 40 dan 39.

Selama laku tersebut, Romo Guru juga menghimbau untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah diantaranya memakai masker, sering cuci tangan dengan sabun, penyemprotan hand sanitizer/disinfektan dan meningkatkan komunikasi diantara para Putera tentang kesehatan masing-masing dengan membentuk gugus tugas Covid-19.

Ini merupakan usaha yang mungkin sangat kecil untuk bangsa dan negara, namun dengan melaksanakan laku spiritual ini, diharapkan pagebluk yang menimpa bangsa ini segera sirna dan memberikan keselamatan untuk kehidupan di muka bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar