"Sendiko Nglampahi", Janji dalam Puputan Abdi Dalem dan Sentono Dalem

Minggu Pon (8/11), Perguruan Trijaya melaksanakan upacara adat dan tradisi ritual Puputan Abdi Dalem dan Sentono Dalem. Puputan ini diikuti 77 Putera Perguruan Trijaya yang telah menjadi Abdi Dalem dan Sentono Dalem Karaton Surakarta Hadiningrat dan dipuput langsung oleh Pembina Perguruan Trijaya, Romo Guru Kanjeng Pangeran Suryaningrat II.

Puputan ini mengisi acara dalam salah satu kegiatan besar rutin tahunan yaitu, Pengetan Jumenengan Romo Guru KP Suryaningrat II, Pembina Perguruan Trijaya. Ritual ini dilakukan pada malam Senin Wage (9/11) di Sasana Astanalaya Kasidanjati, Padepokan Wulan Tumanggal. 

Dalam acara Puputan ini dilaksanakan pengucapan Kaprasetyan (janji setia) oleh semua abdi dalem dan sentono dalem, yaitu setia terhadap Pancasila dan NKRI, setia terhadap ajaran dan setia terhadap nilai-nilai kebaikan secara patrap

Dalam prosesi ini, setiap Putera secara bergantian maju dihadapan Romo Guru dan mengucapkan nama beserta gelar kepangkatan abdi dalem dan sentono dalem dan dilanjutkan dengan mengucapkan Sendiko Nglampahi. Hal ini dikarenakan semua janji dan pertanyaan sudah dibacakan sebelumnya oleh Romo Guru.

Pengetan Jumenengan ini dimulai sejak Sabtu Legi malam Minggu Pon, yaitu peringatan kondurnya Romo Resi (RG KPA Suryaningrat).Acara ini juga dilaksanakan di Sasana Astanalaya Kasidanjati, tepat di Pesarean Romo Resi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perguruan Trijaya berbagi APD untuk masyarakat Dukuhtengah

Fasilitasi Forum Organisasi Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa